Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemula Wajib Tau! Ini Teknik Dasar Sepak Bola dan Cara Melakukannya

Rabu, 25 Maret 2020 | Maret 25, 2020 WIB Last Updated 2020-06-08T17:23:52Z
Teknik Dasar Sepak Bola – Tidak perlu diragukan bahwa sepak bola merupakan salah satu olahraga yang digemari banyak orang di dunia, bahkan sudah disebut sebagai yang terpopuler di Indonesia. Hampir di setiap negara memiliki liga sepak bola mereka masing-masing.
Namun, negara-negara di Eropa telah menjadi kerajaan bagi sepak bola, di mana setiap pemain sepak bola ingin bermain di sana. Bahkan tim-tim besar Eropa seperti Barcelona, Manchester United, Juventus dan tim besar lainnya memiliki fan based yang masif dan fanatik di seluruh dunia.
Kini sepak bola telah membudaya di masyarakat. Hal ini dapat dilihat fanatisme pendukung terhadap tim sepak bola yang mereka kagumi, serta euforia yang sudah terbentuk seperti mengharuskan seseorang untuk bisa bermain sepak bola.
Nah untuk itu, Tokopedia akan memberikan informasi mengenai teknik dasar sepak bola serta cara melakukannya. Simak selengkapnya, yuk!

1. Teknik Menggiring Bola (Dribbling)

teknik dasar sepak bola
Sumber Gambar: Unsplash
Ini merupakan teknik dasar yang wajib kamu kuasai sebelum menguasai teknik lainnya. Teknik menggiring bola atau dribbling dilakukan dengan cara membawa bola menggunakan kakimu sekaligus mengontrol lajunya bola.
a. Speed Dribbling dan Closed Dribbling
Dalam dribbling dikenal teknik speed dribbling di mana kamu berlari, membuang bola ke depan, dan mengejarnya. Selain itu, ada pula closed dribbling. Teknik ini dilakukan dengan cara menggiring dan mengontrol bola dengan saksama, dan dapat dilakukan ketika kamu sedang dihimpit oleh pemain dari tim lawan.
Selain itu, terdapat tiga teknik dasar dalam menggiring bola, yaitu menggiring dengan punggung kaki, kaki bagian dalam, dan kaki bagian luar.
b. Menggiring dengan Punggung Kaki
Teknik menggiring dengan punggung kaki dilakukan dengan tahapan:
  • Pandangan mata lurus ke depan.
  • Taruh bagian dengan kakimu di ujung bola.
  • Dorong bola dengan punggung kaki kamu.
  • Lakukan beberapa kali, kemudian hentikan dengan telapak kaki.
c. Menggiring dengan Kaki Bagian Dalam
Teknik kedua, menggiring dengan kaki bagaian dalam, teknik ini dilakukan dengan cara:
  • Pandangan lurus ke depan.
  • Putar pergelangan kaki ke luar.
  • Kemudian mulai dorong bola dengan kaki bagian luar.
  • Lakukan beberapa kali, lalu hentikan bola dengan telapak kakimu.
d. Menggiring dengan Kaki Bagian Luar
Teknik terakhir, menggiring dengan kaki bagian luar, cara melakukannya tidak jauh beda dengan menggiring dengan kaki bagian dalam. Lakukan step yang sama dengan teknik menggiring bola dengan kaki bagian dalam.
Tapi, kamu perlu memutar pergelangan kaki kamu ke dalam, dan dorong lah bolanya.

2. Teknik Menendang Bola (Shooting)

teknik dasar sepak bola
Sumber Gambar: Pexels
Teknik selanjutnya yang kamu perlu kuasai adalah teknik menendang. Teknik ini berguna untuk membobol gawang lawan dan juga untuk melakukan teknik passing yang akan dibahas setelah ini.
Kamu bisa menggunakan tiga teknik tendangan, yaitu dengan menggunakan kaki bagian luar, bagian dalam, dan punggung kaki. Ketiga teknik tendangan ini dapat kamu lakukan dengan cara fokuskan pandangan pada sisi gawang mana yang jadi target, posisikan badan, taruh satu kaki kiri/kanan pada samping bola.
Kemudian ayunkan kaki yang dijadikan untuk menendang dengan memfokuskan tenaga pada bagian atas telapak kaki dan pandangan ke arah yang ditargetkan.

3. Teknik Mengoper Bola (Passing)

teknik dasar sepak bola
Sumber Gambar: Unsplash
Teknik ini akan lebih berguna dibandingkan teknik dribbling yang hanya mengandalkan kemampuan individu. Kamu tidak sendiri dalam bermain bola, kamu memiliki 10 teman di lapangan (selain kiper) yang siap untuk membantu satu sama lain.
Passing akan sangat efektif untuk menembus pertahanan lawan. Teknik ini dapat dilakukan dengan cara passing pendek, panjang atau through pass, dan jauh, yang lebih dikenal dengan sebutan umpan lambung.
Teknik ini dilakukan dengan cara posisikan badan menghadap bola, fokus pada pemain yang akan kamu oper, kemudian tarik dan ayunkan kaki yang akan menendang bola menuju pemain tersebut, dan sesuaikan power kaki kamu sesuai jarak pemain yang akan dioper.

4. Teknik Menghentikan Bola

teknik dasar permainan sepak bola
Sumber Gambar: Unsplash
Setelah mempelajari tiga teknik dasar di atas, kamu juga perlu tahu cara menghentikan bola yang dioper padamu. Kamu bisa menghentikan laju bola menggunakan kaki, dada, dan paha. Untuk menghentikan bola dengan kaki, kamu bisa menggunakan kaki bagain luar, dalam, telapak, dan punggung.
a. Menghentikan Bola dengan Kaki
Caranya adalah dengan memfokuskan pandangan pada bola yang mengarah ke kamu, kemudian hentikan dengan bagian-bagian kaki tergantung arah datangnya bola. Setelah bola datang, pastikan kamu menjaganya dari gangguan musuh.
b. Menghentikan Bola dengan Dada
Kemudian, untuk menghentikan dengan dada, lakukan dengan fokuskan pandangan pada bola yang menuju ke arahmu, maju atau mundurkan badan, lebarkan kedua tangan dan dada, lalu tahan bola.
c. Menghentikan Bola dengan Paha
Selanjutnya, cara menghentikan dengan paha, kamu perlu melakukan sama seperti cara menghentikan bola lainnya, namun ketika bola datang, angkat satu kakimu, dan ketika menahan bola dengan paha. Perlu sedikit digerakkan agar bola dapat jatuh sempurna di depanmu.

5. Teknik Menyundul Bola (Heading)

Teknik Dasar Sepak Bola - heading
Sumber: CNN
Teknik ini akan kamu gunakan ketika kamu tidak bisa menggapai bola yang terlalu tinggi, dan pastinya untuk membobol gawang lawan, dan juga passing. Untuk melakukan teknik ini, kamu perlu mengatur posisi badan dan waktu yang tepat untuk lompat menyambut bola.
Kemudian gunakan lah dahimu untuk menyundul, bukan bagian ubun-ubun. Agar kamu bisa mengarahkan bola sesuai keinginan dan bola akan meluncur dengan terarah dan bertenaga.
jual Sepatu Futsal Nobleman murah kualitas oke
Cari sepatu futsal murah tapi bisa diandalkan untuk performa maksimal di lapangan? Cek produknya di sini!

6. Teknik Merebut Bola (Intercepting)

teknik dasar permainan sepak bola
Sumber Gambar: Pexels
Teknik dasar ini juga bisa disebut dengan intercepting. Teknik ini akan kamu gunakan ketika ingin merebut bola dari kaki lawan. Untuk melakukan itu, kamu perlu membaca pergerakan lawan.
Atau kamu juga bisa menghentikan laju umpan musuh. Teknik ini sangat penting untuk bertahan dari serangan lawan, namun hati-hati, rebut lah bolanya, bukan kakinya. Bisa-bisa kamu kena kartu kuning, bahkan merah. Maka dari itu kamu perlu pintar dalam membaca pergerakan lawan.

7. Teknik Menyapu Bola

teknik dasar permainan sepak bola
Sumber Gambar: Canva
Teknik berikut ini juga merupakan teknik untuk bertahan dari serangan lawan. Namun, kamu perlu berhati-hati dalam melakukan teknik ini karena berisiko besar, kamu bisa saja menciderai lawan dan mendapatkan kartu peringatan. Dalam melakukan teknik ini, kamu perlu timing yang tepat agar bola berhasil direbut.
Untuk melakukannya, kamu perlu sesuaikan kecepatanmu dengan musuh, kemudian jatuhkan badan sembari luruskan satu kaki yang berguna untuk menahan laju bolanya.

8. Teknik Lemparan ke Dalam

Sumber Gambar: Unsplash
Teknik ini akan kamu gunakna ketika di tengah pertandingan terjadi out atau bola keluar dari sisi kiri dan kanan lapangan. Untuk melakukan teknik ini, kamu perlu melempar bola dengan kedua tangan, dan posisikan kedua tangan dibelakang kepala.
Dalam melakukan leparan ke dalam, kamu juga bisa menjinjitkan kakimu agar lemparan lebih bertenaga dan teman satu tim bisa mendapatkan bola tersebut.
Belanja Bebas Ongkir

9. Teknik Menangkap Bola (Goalkeeping)

teknik dasar sepak bola dan penjelasannya
Sumber Gambar: Pexels
Teknik menangkap bola ini khusus diperuntukan bagi kamu yang ingin bermain di posisi kiper alias penjaga gawang. Teknik yang biasa disebut goal keeping ini merupakan teknik penting bagi mereka sebagai pertahanan terakhir tim.
Kamu perlu melatih refleks menangkap bola ke kiri dan kanan, selain itu kamu juga perlu menguasai teknik menendang dengan power yang kuat.

10. Teknik Juggling Bola

cara bermain sepak bola
Sumber Gambar: Unsplash
Teknik dasar sepak bola yang terakhir adalah teknik juggling bola. Teknik ini dapat kamu lakukan untuk menunjukan kelihaian kamu dalam bermain bola. Teknik ini juga bisa melatih untuk mengontrol bola, bahkan mempermainkan dan menipu musuh di lapangan.
Yang perlu kamu lakukan untuk melakukan teknik ini adalah, pertama fokuskan pandangan ke arah bola, lalu tarik bola menggunakan telapak menuju ujung kaki. Ketika bola sudah menyentuh ujung kaki, angkat kaki sehingga bola juga ikut terangkat. Tetap fokus, dan usahakan bola tidak jatuh ke tanah.
×
Berita Terbaru Update