Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cara Cepat Belajar Renang, Dengan Langkah Mudah Hingga Mahir

Rabu, 25 Maret 2020 | Maret 25, 2020 WIB Last Updated 2020-06-08T17:23:52Z

Selain olahraga yang bagus, berenang juga punya manfaat besar dalam kehidupan. Misalnya kamu bisa semakin menikmati liburan di danau dan pantai, kan gak asik mati gaya di tepian. Selain itu berenang merupakan cara survival jika terjadi insiden tak diinginkan seperti banjir atau jatuh ke laut/sungai/danau.
Tapi harus diakui, masih banyak banget orang yang gak bisa berenang. Alasannya mulai dari takut tenggelam sampai gak percaya dirinya bisa mengapung. Tenang aja, gak ada kata terlambat. Semua orang sebenarnya bisa berenang, mau gemuk atau pun kurus. Yuk IDN Times bagi tips belajar renang bagi pemula.

1. Mulai dari kolam dangkal perlahan-lahan ke kolam dalam, biasakan dan buat dirimu nyaman di dalam air

Cara Cepat Belajar Renang, yuk Ikuti 7 Langkah Mudah Ini sampai Mahirrunnersworld.co.uk
Pertama kali belajar renang kamu tak perlu langsung ke kolam yang dalam. Tak usah gengsi, semua juga akan mengerti; masuklah ke kolam dangkal dan biasakan dirimu dengan air di sekitarmu. Berjalan-jalan, duduk dalam air, rendam dirimu, gunakan kesempatan ini untuk membiasakan diri dengan air dan memahami seberapa mudahnya kamu mengapung.
Cara Cepat Belajar Renang, yuk Ikuti 7 Langkah Mudah Ini sampai Mahirrunnersworld.co.uk
Perlahan tapi pasti berusahalah untuk menuju kolam yang lebih dalam dengan permukaan air setinggi ketiak atau bahu. Banyak pemula yang secara alami takut terhadap air. Jangan putus asa dan jangan malu, wajar kok kalau kamu butuh lebih dari beberapa kali percobaan sampai dapat membiasakan dirimu memasuki bagian kolam yang lebih dalam.

2. Atasi ketakutanmu terhadap air dengan latihan bernapas ketika berada di air

Cara Cepat Belajar Renang, yuk Ikuti 7 Langkah Mudah Ini sampai Mahirlivestrong.com
Masuklah ke kolam yang dangkal kemudian berpegangan pada tepian kolam. Tarik napas dalam, letakkan wajahmu ke permukaan air dan hembuskan napas sampai menghasilkan gelembung di air. Berdirilah kembali seperti semula dan bernapaslah secara normal. Lakukan latihan ini sampai kamu merasa nyaman dan gak panik lagi ketika wajahmu berada dalam air.
Setelah itu pindahlah ke kolam yang lebih dalam. Tanpa berpegangan pada pinggiran kolam, tarik napas lalu masukkan wajahmu ke air dan hembuskan napas hingga bergelembung. Kembalilah berdiri dan bernapaslah dengan normal. Ulangi sampai kamu merasa nyaman dan gak takut lagi.

3. Belajar mengapung tidak sesulit yang kamu bayangkan kok

Cara Cepat Belajar Renang, yuk Ikuti 7 Langkah Mudah Ini sampai Mahirwww.newharmonywatch.com
Berpenganganlah pada tepian kolam. Tarik napas dalam dan angkat kakimu naik sembari badanmu bersandar ke belakang. Berusahalah untuk mengapung, jangan tegang dan biarkan badanmu rileks, nanti tubuhmu akan mengapung dengan sendirinya.
Langkah ini memang butuh banyak percobaan. Berlatihlah terus sampai kamu bisa mengapung selama 15 sampai 30 detik. Perlahan tapi pasti berlatihlah tanpa berpegangan pada tepian kolam.
Cara Cepat Belajar Renang, yuk Ikuti 7 Langkah Mudah Ini sampai Mahiryoutube.com
Jika kamu sudah bisa mengapung dalam kondisi terlentang, balik badanmu. Berpeganganlah pada tepian kolam, tarik napas dalam dan masukkan kepala di air selagi kakimu menendang-nendang air.
Berusahalah untuk mengapung, jangan panik dan jangan tegang. Yakinlah tubuhmu lebih ringan dari masa jenis air. Berlatihlah terus sampai badanmu dapat mengapung selama 10 hingga 15 detik. Setelah itu berlatihlah tanpa berpegangan pada tepi kolam.

4. Dengan bantuan alat pelampung ayo berusaha berenang sejauh satu lintasan!

Cara Cepat Belajar Renang, yuk Ikuti 7 Langkah Mudah Ini sampai Mahiryoutube.com
Siapkan alat pelampung dan berusahalah untuk berenang sejauh satu kali lintasan. Kickboard (papan pelampung) atau styrofoam noodle (pelampung sponge panjang) paling cocok digunakan. Jangan pakai pelampung lengan atau ban di pinggang karena alat pelampung seperti ini lebih cendengrung mengganggu daripada membantu.
Posisikan papan pelampung di depanmu dengan lengan yang tegak lurus. Dorong badanmu menjauh dari dinding kolam dengan menjejakkan kaki. Posisikan kakimu lurus ke belakang, kemudian gerakkan dalam tendangan lembut berselang seling di dalam air (seperti menggunting/scissoring kick). Putar kepala ke samping untuk bernapas. Selesaikan satu lintasan, istirahatlah secukupnya sebelum kembali berlatih.

5. Biasakan dirimu untuk berenang sepanjang satu lintasan, kali ini gunakan tanganmu untuk mendayung maju

Cara Cepat Belajar Renang, yuk Ikuti 7 Langkah Mudah Ini sampai Mahirworldwideswimschool.com
Yuk berenang satu lintasan lagi, kali ini gunakan juga kedua lenganmu. Caranya sama dengan langkah sebelumnya, namun kali ini lepas salah satu tanganmu papan pelampung.
Gerakkan lenganmu dalam pose mendayung ke air, kemudian angkat dari dalam air dan kembalikan ke posisi semula. Ganti tangan satunya dan ulangi langkah tersebut. Putar kepalamu ke samping ketika kamu harus menarik napas. Istirahatlah dan ulangi sesuai dengan kemampuanmu.

6. Perlahan tapi pasti kamu akan bisa, karena itu berusahalah untuk berenang tanpa memegang pelampung jika sudah mulai merasa nyaman

Cara Cepat Belajar Renang, yuk Ikuti 7 Langkah Mudah Ini sampai Mahirwoman.thenest.com
Cobalah untuk berenang tanpa alat pelampung, namun tetap siapkan di dekatmu. Dorong papan pelampung di depanmu tapi jangan dipegang. Kemudian mulailah gunakan tanganmu dalam gerakan mendayung gaya bebas, tendang kakimu dengan gerakan menendang lembut berselang-seling (scissoring), luruskan tanganmu ke depan dan bernapaslah sembari memutar kepala ke samping.
Ketika kamu menyentuh papan pelampung, kamu bisa memakainya sebagai penyokong tubuh saat beristirahat atau mendorongnya maju lagi dan terus berenang sampai beberapa dayungan tangan. Beristirahat dan kembali lah berlatih sesuai kemampuanmu.

7. Jangan lupa sebelum mulai berlatih, siapkan semua perlengkapan yang diperlukan!

Cara Cepat Belajar Renang, yuk Ikuti 7 Langkah Mudah Ini sampai Mahirnarkive.com
Belilah peralatan renang yang tepat. Kacamata renang melindungi mata dari zat kimia di kolam, kotoran dan rambut sehingga kamu dapat melihat arahmu saat berenang. Kacamata renang harus pas dan nyaman dipakai di mata, tak boleh terlalu ketat. Cobalah terlebih dahulu sebelum membeli.
Topi renang, melindungi dan menjaga rambutmu agar tak terlalu basah. Alat ini juga mencegah rambut menutupi wajah dan mulutmu saat berenang. Hindari kolam renang rekreasi untuk belajar berenang. Carilah kolam renang untuk olahraga yang diawasi oleh penjaga kolam.
Kamu juga perlu ditemani orang lain yang akan memperhatikanmu saat berada dalam air. Jika kolam renangmu tidak memiliki penjaga, ajak temanmu ya. Jangan pernah belajar renang seorang diri ya.
×
Berita Terbaru Update